Pages

Kamis, 09 Juni 2011

Negara Kotor Bumi Ikut Kotor

Banyak sekali wisata-wisata di indonesia ini. Itu karena salah satu faktor letak Indonesia yang strategis. Indonesia punya banyak tempat-tempat wisata tapi kita penghuninya tidak bisa memanfaatkan tempat-tempat wisata untuk nasib Indonesia sendiri. Banyak tempat wisata sudah kita olah tetapi hanya kurang lebih pengelolahannya. Kita dapat mengelola, tapi keadaan tempatnya sangat kotor.
Bisa kita lihat dari kota Bali. Pemerintah dapat mengelola tapi tempat itu sanagat mengerikan penuh dengan kotoran dan sampah dimana-mana. padahal bila tempat itu kotor kita juga yang akan malu dengan negara lain, karena pariwisata yang kita berikan begitu sangat kotor. Padahal sesungguhnya tempat itu kotor karena orangnya sendirilah yang mengotorinya. Dan bukan kita yang mengotorinya, tetapi para pengunjung yang datang dan membuang sampah disembarang tempat termasuk di laut.
Sebagai dampak atas pembuangan sampah itu adalah lingkungan yang kotor dan membuat sarang penyakit serta menyebabkan polusi udara. Sedangkan bila di laut adalah pencemaran air dan khususnya akan berdampak pada biaota laut yang akan banyak mati. Dan itu juga akan menurunkan nilai pasar wisata kita.
Seharunya pemerintah dan warga harus saling membantu untuk kepentingan negara mereka dan dapat menambah devisa negar. Pemerintah harus bertindah tegas kepada siapa saja orang yang berani membuang sampah sembarang. bahkan kalau perlu diberi sanksi supaya mereka sadar. Supaya mereka sadar bahwa sampah yang mereka buang dapat merusak semuanya baik negara kita maupun bagi diri kita.
Seharunya pengadaan seperti itu bukan hanya di bali tapi di seluruh tempat meskipun bukan tempat wisata harus tetap bersih. usaha yang kita lakukan juga dapat mengurangi global warming dan polusi lingkungan. Mari kita lakukan itu semua...

0 komentar:

Posting Komentar